Wednesday, June 9, 2010

Prediksi Piala Dunia 2010 Afrika Selatan : Italia yang tergabung di grup F bersama Paraguay, Slandia Baru, Slowakia diprediksikan tidak akan kesulitan untuk lolos ke babak selanjutnya. Prediksi Piala Dunia 2010 melihat hanya tim Paraguay yang bisa dianggap sedikit mengganjal langkah tim Azzuri ini.

Grup F:
15 Juni 2010
01:30 Italia v Paraguay, Cape Town Stadium, Cape Town
15 Juni 2010
18:30 Selandia Baru v Slowakia, Royal Bafokeng Stadium, Rustenburg

Italia sebagai juara bertahan bahkan oleh beberapa pengamat menjadi salah satu kandidat kuat untuk kembai menaiki tahta tertinggi pada Piala Dunia 2010. Sebagai pelatih Marcello Lippi berusaha untuk membuat performa timnya sebaik tim Italia di era 1930-an yang menjadi juara dunia dua kali beturut-turut.

Di babak kualifikasi news today Italia sukses menjadi pimpinan Grup 8. Dari 10 kali laga yang dijalani, tim Azzuri membukukan 7 kemenangan, 3 kali imbang tanpa sekalipun kalah. Italia membuka babak kualifikasi dengan kemenangan 2-1 atas Siprus dan hasil dari pertandingan-pertandingan selanjutnya membuat Italia sukses merebut satu tiket ke Piala Dunia 2010 Afrika Selatan.

Sosok Lippi sebagai pelatih tim Italia cukup membawa perubahan, rasanya tak salah pilih apabila ia dipanggil kembali untuk menggantikan Roberto Donadoni yang dianggap gagal setelah Italia gagal bersinar di Piala Eropa 2008. Segera setelah kembali, Lippi segera membenahi pertahanan, menata lini tengah dan depan. Hasilnya cukup mengesankan. Dalam 31 laga internasional, Italia tidak pernah kalah.

Gianluigi Buffon dipercaya untuk menjadi penjaga gawang tim Italia nomor 1, kiper Juventus itu masih tetap menjadi pilihan utama Marcello Lippi.

Fabio Cannavaro dipercaya untuk memimpin rekan-rekannya di barisan belakang dan memberi kontribusi bagi tim untuk yang terkahir kali sebelum ia benar-benar pensiun. Pengalaman pemilik 131 caps itu akan sangat membantu tim dan memberi ketenangan kepada rekan rekannya dalam melakukan pengawalan daerah penalty tim Azzuri.

Sementara itu pengendali alur permainan dan serangan Italia masih mengandalkan Andrea Pirlo. Gelandang jenius itu menjadi jenderal lapangan tengah Italia dan menginspriasi tim dalam melancarkan serangan kepada lawan.

Penyerang kawakan yang masih dipercaya Lippi hanya Luca Toni, yang itupun terancam kurang diandalkan karena di musim ini ia jarang dimainkan oleh klubnya, Bayern Munich bahkan di ujung musim dia hijrah ke AS Roma. Alberto Gilardino dan Giuseppe Rossi menjadi generasi baru penyerang Italia pilihan Lippi.

Prediksi Piala Dunia 2010 Grup F, Italia vs Paraguay


Peluang*

Italia
33%
35%
32%
Paraguay


Prediksi Piala Dunia 2010 Grup F, Slandia Baru vs Slowakia


Peluang*

Belanda
32%
38%
30%
Denmark

Prediksi Italia vs Paraguay melihat lawan tim Italia di grup F yang paling berpeluang untuk mencuri angka adalah Paraguay. Paraguay pernah mengalami kejayaan dalam kancah sepak bola dunia di akhir dekade 1990-an, dengan tampilnya generasi emas pesepakbola Paraguay. Sebut saja, Chilavert, Celso Ayala, Carlos Gamarra, Roberto Acuna dan Jose Saturnino Cardozo yang berhasil menempatkan 'Guaranies' di posisi kedua di belakang Argentina dalam kualifikasi Perancis 1998. Saat itu Brasil lolos otomatis ke putaran final PD 1998 karena berstatus juara bertahan.

Empat tahun kemudian, Paraguay mengakhiri kualifikasi PD Korea-Jepang 2002 di urutan keempat di atas rival kuatnya Uruguay. Kondisi ini terulang ketika kualifikasi Piala Dunia Jerman 2006.

Di Prancis dan Korea-Jepang, langkah Paraguay selalu terhenti di Babak 16 Besar. Yang menarik dari dua event ini, setiap tim yang mengalahkan Chilavert dkk di perdelapan final adalah finalis. Pada 1998, Les Bleus yang diasuh Aime Jacquet menang lewat Gol Emas Laurent Blanc Golden Goal. Empat tahun kemudian, gol Oliver Neuville di menit 88 mengantar pasukan Rudi Voller ke babak selanjutnya. Di tanah Jerman pada 2006, pelatih Anibal Ruiz tidak bisa membawa Paraguay lolos dari penyisihan Grup B yang diisi Inggris, Swedia dan Trinidad & Tobago.

Setelah hasil mengecewakan di Jerman, Ruiz mundur dari posisinya sebagai pelatih Paraguay. Menghadapi kualifikasi Afrika Selatan 2010, Asosiasi Sepakbola Paraguay (APF) memutuskan untuk memilih pelatih asal Argentina Gerardo Martino, yang punya rekor sempurna di sepakbola Guarani.

Dihadapkan dengan kebutuhan untuk meremajakan skuad, 'El Tata' sejauh ini memperoleh hasil yang naik turun. Pada Copa America 2007 di Venezuela, Albirroja mengawalinya dengan kemenangan cukup telak 5-0 atas Kolombia dan 3-1 AS. Melawan Argentina, tim asuhan Martino justru menyerah 1-0. Perjuangan yang spektakuler di awal turnamen rupanya tak muncul lagi di perempat final dimana mereka dibantai 6-0 di tangan anak-anak Hugo Sanchez.

Meskipun demikian, misi kualifikasi Piala Dunia adalah sesuatu yang berbeda. Martino pun terus dipercaya mengemban amanat menyiapkan skuad yang solid.

Hasil positif Justo Villar dkk di kualifikasi Piala Dunia 2010 pun terbukti. Mereka berada di peringkat ketiga klasemen akhir di bawah Brasil dan Chile, lima angka di atas Argentina.

Prediksi Pertandingan Piala Dunia 2010 menilai tim Azzuri Italia memang punya kans besar untuk lolos ke babak selanjutnya dan memimpin di grup F. Tapi untuk kembali menjadi juara dunia pada Piala Dunia 2010 ini rasanya teramat berat. Langkah Italia boleh saja dianggap mulus melewati babak kualifikasi Piala Dunia 2010, namun skuad tim Azzuri tak akan kembali mengangkat trophy Juara Piala Dunia 2010 ini.