Friday, May 28, 2010

Prediksi Piala Dunia 2010 Afrika Selatan Grup B: Di grup B, Argentina terbilang mendapat lawan yang ringan. Rintangan yang termasuk cukup berat untuk dikalahkan adalah Nigeria. Justru Nigeria menjadi musuh yang harus dihadapi pada pertandingan pertamanya, dan Prediksi Piala Dunia 2010 menganggap partai inilah yang akan menjadi tolak ukur langkah skuad Maradona selanjutnya.


Jadwal Piala Dunia 2010 Afrika Selatan Grup B, Sabtu, 12 Juni

Port Elizabeth:
Korea Selatan vs Yunani (11.30 GMT)

Johannesburg:
Argentina vs Nigeria (14.00 GMT)

Amat sangat wajar jika Argentina dianggap banyak para pengamat sepak bola tidak akan kesulitan untuk melangkah ke babak selanjutnya pada news today kali ini. Melihat sejarah team sepak bola Argentina masa lalu serta deretan pemain skuad tim Tango terkini seperti Messi, Gonzalo Higuain, Javier Mascherano, Sergio Aguero rasanya tidak ada satu timpun yang tergabung di grup B bisa menjegal langkah Argentina, begitu juga Nigeria yang akan menjadi lawan pertama mereka.

Tapi sepak bola bukanlah ilmu pasti, sebuah tim yang bertabur bintang tidak dijamin dapat lolos ke putaran final Piala Dunia dengan mudah. Argentina adalah contoh terakhir paling kentara. Argentina terseok-seok di babak kualifikasi setelah menderita 6 kali kekalahan meski akhirnya lolos ke news today.

Memang kalau melihat prestasi yang telah diraihnya, Argentina merupakan salah satu tim yang tersukses di muka bumi. Selain pernah menjawarai Piala Dunia sebanyak dua kali, Albiceleste juga merupakan juara Copa America sebanyak 14 kali, satu Piala Konfederasi dan Juara Olimpiade 2004 dan 2008.

Tetapi belakangan ini pamor Argentina seolah memudar. Gelar internasional terakhir yang dapat direbut oleh Argentina adalah juara Copa America, 17 tahun yang lalu. Sementara prestasi terbaik Argentina pasca juara dunia 1986 adalah menjadi runner up Piala Dunia 1990. Diluar itu, langkah terjauh mereka hanya sampai babak perempat final.

Prediksi Piala Dunia 2010 Afrika Selatan Grup B, Argentina vs Nigeria


Peluang*

Argentina
35%
32%
33%
Nigeria

Prediksi Piala Dunai 2010 Afrika Selatan Grup B, Yunani vs Korea Selatan


Peluang*

Yunani
30%
37%
33%
Korean Selatan


Sekarang kita lihat calon lawan Argentina. Nigeria absen di putaran final Piala Dunia 2006, kekecewaan itu menyulut semangat Nigeria untuk memulai kampanye mereka untuk lolos ke Piala Dunia 2010 Afrika Selatan, dan ternyata memang sukses.

Di babak kualifikasi Piala Dunia 2010, Nigeria satu grup dengan Equatorial Guinea, Sierra Leone dan Afrika Selatan, tim "Elang Super" diprediksi mudah lolos ke fase kedua kualifikasi Zona Afrika. Untuk kursi pelatih, Nigeria mengangkat Shaibu Amodu, yang mengambil alih posisi pelatih asal Jerman Berti Vogts.

Pengangkatan Vogts, pelatih Jerman saat menjuarai Euro 1996, merupakan indikasi kebulatan tekad Nigeria untuk mencapai Piala Dunia Afrika Selatan 2010. Tapi, setelah penampilan Nigeria dalam laga Piala Afrika 2008 mengecewakan, kontrak Vogts diputus.

Jika melongok skuad The Super Eagles sebenarnya punya banyak bintang yang tersebar di beberapa klub di Eropa, mulai Rusia di timur hingga Spanyol. Persaingan memperebutkan tempat di skuad cukup keras meskipun Nigeria masih terus mencari pengganti playmaker Augustine 'Jay-Jay' Okocha. Rekannya seperti Nwankwo Kanu dan Joseph Yobo punya pengalaman, tapi wajah-wajah baru semacam Stephen Makinwa, John Obi Mikel, Taye Taiwo, Obafemi Martins dan John Utaka akan menjadi kunci permainan Nigeria di Afrika Selatan.

Nigeria mengangkat trofi pertama kalinya pada Piala Afrika1994 di Tunisia. Tetapi, hadiah besar yang dinanti masyarakat Nigeria adalah Piala Dunia, di mana banyak yang memprediksi akan keluar juara dunia pertama dari Afrika, mereka akan membuktikan untuk bisa mewujudkan keinginan tersebut diPiala Dunia 2010 Afrika Selatan nanti.

Sukses Nigeria memenangi Piala Dunia U-17 di Korea tahun 2007 seharusnya bisa menambah kepercayaan diri mereka. Dan, penampilan Martins dkk diharapkan bisa membuktikan bahwa Nigeria mampu bersaing dalam pentas sepak bola terakbar di muka bumi Piala Dunia.

Lantas team mana yang layak diunggulkan ?...Secara statistik, siapapun pasti menjagokan Argentina. Tapi jika performa Argentina tidak labih baik dari saat melakoni babak kualifikasi Piala Dunia, Nigeria siap membungkam ambisi skuad Maradona.