Thursday, October 7, 2010

Daihatsu New TeriosNew Terios : Selasa 5 Oktober 2010, PT Astra Daihatsu Motor secara resmi meluncurkan New Daihatsu Terios / New Terios . New Terios ini dianggap mempunyai kelebihan dibanding versi sebelumnya, yaitu mampu menghemat bahan bakar sampai 6 persen.


Dengan kelebihannya ini, New Terios diprediksi mempunyai daya saing yang tinggi dalam varian mobil sejenis. Inovasi lainnya, New Daihatsu Terios telah menggunakan Electronic Power Steering (EPS) sehingga pengendalian mobil lebih ringan dan mudah dikendalikan. Salah satu yang membuat hematnya bahan bakar diantaranya karena piranti EPS ini.

Pradipto Sugondo selaku kepala pengembangan produk ADM menjelaskan, bahwa banyak yang mempengaruhi hematnya bahan bakar, dan salah satunya sistem kerja EPS.

“Sistem EPS ini bekerja dengan cara yang unik, yaitu mengambil sumber tenaga dari kelistrikan yang dihasilkan oleh mesin. Kalau dulu power steering mengambil tenaga hidrolis yang dihasilkan oleh mesin, sehingga kerja mesin sedikit agak berat. Nah dengan memanfaatkan sumber daya listrik yang dihasilkan oleh mesin, beban kerja mesin bisa agak dikurangi, kendati porsinya cukup kecil,” jelas Pradipto.

Bukan hanya itu, beberapa aplikasi yang terdapat pada generasi terbaru New Terios ini, dianggap menggenapi 6 persen kadar keiritan konsumsi bbmnya dibanding versi sebelumnya. Diantaranya adalah aplikasi kompresor AC yang lebih kecil, serta panel AC yang lebih lambat menyala sehingga bahan bakar yang disedot untuk mengaktifkan peranti itu juga semakin kecil.

"Kami juga menambahkan isolator packing yang berupa busa di antara radiator, mesin, dengan kompressor. Sehingga, kerja kompressor AC semakin ringan dan bahan bakar yang disedot juga semakin sedikit," papar Pradipto menjelaskan lebih dalam tentang kelebihan New Terios.

Terobosan New Terios lainnya, yaitu dengan meningkatkan tekanan ban. Seiring peningkatan tekanan itu, maka tingkat rolling resistance ban juga semakin rendah, sehingga laju mobil semakin ringan dan bahan bakar yang dikonsumsi semakin sedikit. Ubahan lain tak kalah menarik adalah tampilan di eksterior, serta tata ruang dan fitur baru di interior.

Pada bagian luar, gril, bemper, lekukan di kap mesin kini menggunakan desain baru. Di bagian buritan tampilan lampu rem yang sebelumnya berbentuk lingkaran kini diubah menjadi kotak. Bentuk lampu New Daihatsu Terios terbaru ini mengadopsi bentuk lampu yang digunakan oleh SUV premium.

Bentuk palang pelek New Terios berbeda dengan varian yang terdahulu, New Terios menggunakan bahan alloy. Kini palang itu terkesan lebih tegas dengan penonjolan pada garis-garis sudut pinggir. Masih di bagian kaki-kaki, Daihatsu menyempurnakan peranti sistem suspensi. Coli Spring dan shock absorber kini disempurnakan.

Tidak hanya cantik diluar, dibagian interior New Terios mengalami perubahan tampilan terlihat pada meter cluster yang kini dibingkai garis metal. Peranti sistem kontrol audio kini diletakkan di lingkar kemudi, sehingga memudahkan pengemudi mengoperasikan head unit.

Tingkat kebisingan di bagian kabin New Terios baru itu juga semakin kecil. Bila sebelumnya 73 disibel (db), kini menjadi 71,8 db. Kapasitas ruang kabin juga semakin besar karena sebagian kursi di bagian kedua bisa dilipat sempurna, begitu pula kursi baris ketiga.

Bagaimana masalah harga New Terios ini ? meski bertambah fitur dan serangkaian perubahan, namun kenaikkan harganya hanya Rp 1,4 - 2,5 juta," tandas Suparno Jasmin, Chief Executive Astra International - Daihatsu Sales Operation. source :tempointeraktif