Wednesday, October 27, 2010

Mbah Maridjan Meninggal Dunia

Mbah Marijan Wafat Posisi SujudMbah Maridjan : Kuncen Gunung Merapi Mbah Marijan yang sebelumnya sempat diberitakan selamat dari bencana letusan Gunung Merapi ternyata takdir Illahi berkata lain. Mbah Maridjan ditemukan Tim SAR di bagian dapur rumahnya dalam keadaan telah meninggal dunia. Mbah Maridjan meninggal dunia dalam posisi sujud.

Tim SAR segera mengevakuasi jenazah Mbah Maridjan ke tempat yang aman, Jenasah Mbah Maridjan kini tengah diidentifikasi di rumah sakit Sardjito, Sleman Yogjakarta. Sejak Gunung Merapi memperlihatkan keaktipannya Mbah Maridjan sebagai kuncen Gunung Merapi memang tidak mau untuk dievakuasi, Mbah Maridjan yang lahir pada tahun 1927 ini akhirnya menemui takdirnya di tempat kelahirannya. Mbah Maridjan meninggal dalam usia 83 tahun.

Pada Senin (26/10) malam sempat tersiar kabar Mbah Maridjan masih hidup. Tetapi setelah tim evakuasi melanjutkan pencarian, akhirnya dipastikan Mbah Maridjan meninggal dunia. Selain Mbah Maridjan, disekitar rumah Mbah Maridjan, ditemukan juga 16 korban meninggal lainnya, yang diperkirakan penduduk setempat dan para pengikutnya.

Kabar terbaru tentang kepastian bahwa Mbah Maridjan meninggal dunia dalam bencana meletusnya Gunung Merapi sekaligus meluruskan berita sebelumnya, bahwa pria yang bergelar Raden Ngabehi Surakso Hargo itu telah ditemukan dalam kondisi selamat waktu semalam.