Friday, July 2, 2010

Prediksi Ghana vs Uruguay, Penyerang Ghana Asamoah Gyan yakin, dengan dukungan penuh seluruh rakyat Afrika, tim "Bintang Hitam" mampu menorehkan sejarah sekaligus mengangkat derajat sepak bola Afrika.

Ghana vs Uruguay, Dari enam tim yang mewakili Afrika di Piala Dunia kali ini, hanya Ghana yang berhasil menembus perempat final. Aljazair, Kamerun, Pantai Gading, Nigeria, dan Afrika Selatan rontok pada babak penyisihan. Sebelum Ghana, Kamerun (1990) dan Senegal (2002) juga pernah merasakan ketatnya babak perempat final. Namun kedua negara tersebut gagal melangkah ke semi final.

Karena itu, pada Piala Dunia kali ini, sebuah kesempatan besar bagi Ghana mengangkat harkat dan martabat sepak bola Afrika jika berhasil mengalahkan juara dunia dua kali, Uruguay, Selasa (2/6/2010).

Kendati begitu, bukan perkara mudah bagi pasukan Milovan Rajevac untuk menaklukkan Uruguay. Mereka dituntut mampu menjinakkan dua bomber Uruguay, Diego Forlan dan Luis Suarez yang keduanya telah mengemas total lima gol dan menjadi penentu tiga kemenangan sebelumnya.

Selain itu, skuad "La Celeste" juga sedang dalam kepercayaan yang tinggi karena untuk pertaman kalinya berhasil menembus perempat final dalam 40 tahun terakhir.

Tetapi Gyan mengaku tak gentar dengan hal itu. Penyerang yang telah mencetak tiga gol itu yakin Ghana bisa menorehkan sejarah dengan dukungan penuh seluruh rakyat Afrika. "Bagiku ini akan menjadi sejarah. Ada tiga tim dari Afrika yang mampu melaju ke perempat final, tetapi kami akan melakukan sesuatu yang tidak pernah mereka lakukan sebelumnya," paparnya.

"Ada sebuah kesempatan untuk Afrika. Kami tidak ragu karena seluruh masyarakat Afrika akan mendukung," tegasnya.

Ghana sendiri harus mengahadapi persoalan pelik pada laga nanti. Pasalnya, sekitar empat atau lima pemain diragukan bisa tampil. Dua di antaranya yakni Kevin Prince Boateng dan Hans Sarpei. Adapun Dede Ayew dan Jonathan Mensah dipastikan takkan tampil karena harus menjalani hukuman akumulasi kartu kuning.

"Kami memiliki empat atau lima pemain yang cedera dan itu tergantung kepada tim medis untuk mencoba membuat mereka pulih," jelas pelatih Milovan Rajevac.