Thursday, June 3, 2010

Sepuluh Stadion sudah siap untuk laga Piala Dunia 2010 Afrika Selatan, beberapa Lokasi Stadion Piala Dunia 2010 Afrika Selatan di Google Earth bisa dilihat. Sebanyak 10 Stadion Piala Dunia (World Cup) 2010 sudah siap dipakai bertanding negara-negara peserta Final Piala Dunia 2010.

Dari sekian Daftar Nama-nama Stadion Piala Dunia 2010 ada beberapa stadion yang sedang divermak dan diperbaiki keadaannya agar lebih nyaman dipakai di World Cup South Africa 2010.

FIFA menyatakan, Selasa, bahwa seluruh 10 stadion untuk Piala Dunia 2010 akan siap pada saatnya meskipun mengakui empat darinya tampaknya akan belum rampung pembangunannya pada akhir tahun.

Ellis Park di Johannesburg, Free State Stadiun di Bloemfontein, Loftus Versfeld di Pretoria dan Royal Bafokeng Sports Palace dekat Rustenburg yang dijadwalkan renovasinya rampung pada akhir tahun, tampaknya akan belum selesai dan dilanjutkan pada 2009.

Sekjen FIFA Jerome Valcke mengatakan seluruh 10 venues itu akan rampung pada saat akan berlangsung putaran final 2010.

"Tidak satupun yang telah siap sekarang tapi seluruhnya akan siap pada saat putaran final Piala Dunia 2010 dan itu sesuatu yang paling penting," katanya.

Johannesburg Durban Cape Town Johannesburg Pretoria
Stadion FNB Stadion Moses Mabidha Stadion Green Point Stadion Ellis Park Stadion Loftus Versfeld
Kapasitas : 94.900 Kapasitas : 70.000 Kapasitas : 69.070 Kapasitas : 62.567 Kapasitas : 51.760
Fig9-2.jpg Durban 21.08.2009 12-02-25.jpg CTS01.JPG Ellis Park Stadium 2009.jpg
Loftus-Stadion.JPG

Port Elizabeth Bloemfontein Polokwane Nelspruit Rustenburg
Stadion Nelson Mandela Bay Stadion Free State Stadion Peter Mokaba Stadion Mbombela Stadion Royal Bafokeng
Kapasitas : 48.000 Kapasitas : 48.070 Kapasitas : 46.000 Kapasitas : 44.000 Kapasitas : 42.000
NelsonMandelaBayStadium-001.JPG South Africa-Bloemfontein-Free State Stadium01.jpg Estadio Peter Mokaba.JPG Seats and field of Mbombela Stadium.jpg Royal Bafokeng Stadium.jpg

Stadion Mabhida Dipermak Demi Socceroos Vs Panser, Laga awal grup D penyisihan grup Piala Dunia 2010 yang mem­pertemukan tim panser Jer­man dengan tim Kanguru Austr­alia, akan dihelat di stadion Mo­ses Mabhida, Durban. Di sta­dion yang letaknya di kota terpadat ketiga Afrika Selatan ini, Jerman akan bertemu Austra­lia untuk yang ketiga kalinya se­jak 1974.

Stadion Moses Mabhida ada­lah stadion baru yang dibangun untuk menggelar pertandingan Piala Dunia 2010. Menghabis­kan dana sekitar 450 juta dolar AS, stadion ini sangat meman­jakan para penonton dengan mem­beri­kan tempat duduk yang cukup le­ga. Stadion ini juga menyu­guh­kan garis pandang yang jelas ter­hadap lapangan pertandingan bagi para penonton.

Letak stadion ini berdekatan dengan stadion ABSA di kawa­san olahraga Kings Park, sebuah kompleks yang berada di Stam­ford Hill, yang sebenarnya di­bangun untuk tujuan menggelar pertandingan Piala Dunia 2010.

Agar dapat memuluskan ren­cana pemerintah menyambut Pia­la Dunia 2010, akhirnya sta­dion Se­pak Bola Kings Park di­han­curkan pada akhir 2006 un­tuk mem­buat jalan buat kom­pleks stadion baru ini.

Selain lapangan sepakbola, stadion baru ini mempunyai se­buah arena indoor gabungan, mu­seum olahraga, institusi olah­raga, dan sebuah stasiun trans­modal transportasi. Stadion ini juga dilengkapi dengan tempat menyelenggarakan bermacam aktivitas olahraga di luar sepak­bola seperti rugby, kriket dan at­le­tik. Pemerintah Durban men­jadikan tempat ini sebagai aset pariwisata dengan memfungsi­kan­nya sebagai pusat budaya, olahraga dan kegiatan umum lainnya kota Durban.

Di Piala Dunia nanti, stadion yang merupakan milik Asosiasi Sepakbola Afsel ini, akan meng­gelar lima pertan­dingan babak penyisihan grup, satu pertandi­ngan babak 16 besar, satu pertan­dingan perem­pat final dan satu per­tandingan semifinal. Di sta­dion ini juga akan digelar salah satu partai big match pe­nyisihan grup antara Portugal me­lawan Brazil.