Sunday, June 13, 2010

Jadwal Siaran Langsung Piala Dunia 2010 malam ini akan mempertemukan dua tim yang dianggap underdog oleh para pengamat yaitu Aljazair vs Slovenia. Apakah Striker Aljazair yang tingginya lebih dari 190 cm akan membuat kejutan di Pertandingan Aljazair vs Slovenia malam ini. Pertandingan dari kedua kesebelasan sangat penting sekali, melihat prestasi Slovenia di babak kualifikasi cukup bagus Polandia, Irlandia dan Rusia pernah merasakan ketajaman Timnas Skuad Slovenia.

Piala Dunia ketiga bagi Aljazair ingin tampil lebih solid dan menggigit di pertandingan Aljazair dan Slovenia malam ini. Kekuatan Slovenia terletak pada soliditas pertahanan mereka yang tanggguh menahan gempuran.

Negara manakah yang akan mendapat 3 point Score Piala Dunia 2010 pertama kita lihat sama-sama sebentar lagi sambil membuat Prediksi Aljazair vs Slovenia.

Sejak Piala Dunia 2010 Afrika dimulai, Jumat (11/6/2010), hingga hari ini, sudah lima partai babak penyisihan yang digelar. Namun, belum satu pun pertandingan yang benar-benar membuat mata setia menatap layar kaca.

Padahal, dari segi reputasi, laga-laga itu menampilkan tim-tim yang sudah punya kelas di atas Slovenia dan Aljazair. Mulai dari Afrika Selatan-Meksiko, Uruguay-Perancis, Korea Selatan-Yunani, Argentina-Nigeria, sampai Inggris-Amerika Serikat. semuanya cuma menyajikan keseruan sesaat dan hasil yang jauh dari memuaskan.

Bagaimana tidak, dari lima pertandingan itu, tiga pertandingan berakhir seri. Lantas, bagaimana dengan partai keenam ini ?


Jangan keburu menutup sebelah mata. Justru karena tak punya nama besar, keduanya punya gairah untuk mulai mencatatkan nama mereka dalam sejarah Piala Dunia dan itu sudah mereka tunjukkan pada babak kualifikasi.

Aljazair harus merebut tiket putaran final melalui babak kualifikasi, yaitu melawan Mesir. Setengah mati, mereka berhasil menyingkirkan Mesir dengan kemenangan tipis 1-0.

Serupa dengan Aljazair, Slovenia pun masuk putaran final setelah melewati babak play-off, bertemu Rusia. Perjuangan mereka lebih heroik lagi karena laga digelar dalam pertandingan dua leg.


Pada leg pertama di Rusia, mereka kalah 1-2. Namun, di leg kedua mereka mampu menang 1-0 dan berhak atas tiket ke Afrika Selatan karena unggul agresivitas di kandang lawan.

Ujian babak play-off sudah menunjukkan betapa tinggi ambisi keduanya untuk mendapatkan nama di pentas sepak bola dunia. Kini, mereka sudah berada di Afsel dan tentu akan berusaha bertahan selama mungkin di turnamen ini.

Pertandingan keduanya pun menjanjikan keseruan, justru karena mereka belum pernah bertemu sebelumnya. Melihat pertandingan yang melibatkan tim tanpa rekor pertemuan, laga akan berlangsung lambat karena kedua kubu sama-sama menjajaki kekuatan lawan. Namun, tak tertutup kemungkinan, kedua tim akan sama-sama melancarkan serangan cepat demi mencetak gol lebih dulu.

Selain itu, mengingat setelah pertandingan ini mereka akan melawan tim-tim unggulan, seperti Amerika Serikat dan Inggris, maka pertandingan ini kesempatan untuk menang dan menambah dorongan moral. Hasil seri atau kalah cuma akan mempersulit rencana masuk ke putaran kedua.

Tekad untuk bermain menyerang dan maksimal terlihat dari pernyataan gelandang Slovenia, Nejc Pecnik. Menurut dia, Aljazair adalah tim yang bagus dan juga harus dilawan dengan serius bila Slovenia ingin maju ke babak berikut.

"Pelatih kami dan asistennya sudah memperhitungkan mereka. Mereka memainkan sepak bola yang rapi. Kami akan menghormati mereka (dengan tampil maksimal)," kata Pecnik.

Sementara itu, bek Aljazair, Madjid Bougherra, mengaku mulai merasakan tekanan Piala Dunia. Namun, menurut dia, itu malah meningkatkan gairah dan semangat tim untuk melanjutkan mimpi mereka.

"Aku mulai merasakan tekanan. Ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan ketika kami lolos ke putaran final. Sekarang, kami jauh lebih siap untuk tampil dengan baik," tandasnya.

Meski begitu, di atas kertas, Slovenia punya peluang menang lebih baik. Rekaman pertandingan menunjukkan Aljazair cuma membukukan satu kemenangan dan empat kekalahan dalam lima laga terakhir. Bandingkan dengan Slovenia yang mencatatkan empat kemenangan dan satu kekalahan dalam lima laga terakhir.

Data & Fakta Pertandingan
ALJAZAIR VS SLOVENIA
Stadion Peter Mokaba, Polokwane, Minggu (13/6/2010)
Siaran langsung GlobalTV, Minggu pukul 18.30 WIB

Perkiraan susunan pemain:
Aljazair (4-4-1-1): Gaouaoui; Halliche, Yahia, Bougherra, Belhadj,Guedioura, Yebda, Matmour, Lacen; Ziani; Saifi
Slovenia (4-4-2): S Handanovic; Ilic, Cesar, Brecko, Suler; Koren, Krhin, Radosavljevic, Birsa, Novakovic, Dedic

Rekaman laga terakhir Aljazair
05-06-2010: Aljazair 1-0 Uni Emirat Arab (Persahabatan)
28-05-2010: Aljazair 0-3 Irlandia (Persahabatan)
03-03-2010: Aljazair 0-3 Serbia (Persahabatan)
30-01-2010: Aljazair 0-1 Nigeria (Piala Afrika)
28-01-2010: Aljazair 0-4 Mesir (Piala Afrika)

Rekaman laga terakhir Slovenia
04-06-2010: Slovenia 3-1 Selandia Baru (Persahabatan)
03-03-2010: Slovenia 4-1 Qatar (Persahabatan)
18-11-2009: Slovenia 1-0 Rusia (play-off Piala Dunia)
14-11-2009: Slovenia 1-2 Rusia (play-off Piala Dunia)
14-10-2009: Slovenia 3-0 San Marino (kualifikasi Piala Dunia)

Pak Dede Obing  memprediksi pertandingan malam ini antara Aljazair vs Slovenia kemungkinan akan berbagi angka draw seperti beberapa pertandingan sebelumnya, tetapi kalaupun ada salah satu tim yang menang tidak akan lebih dari selisih satu gol karena pertahanan kedua tim cukup solid setelah melihat Lineup dan Skuad kedua tim yang diturunkan malam ini.