Sunday, May 30, 2010

Minggu ini tim-tim kontestan news today telah bakal menggelar partai uji coba. Kickoff Piala Dunia 2010 tinggal dua minggu lagi, setiap tim peserta Piala Dunia 2010 sudah dalam kondisi siap tempur.


Sebagian besar tim telah menjalani jadwal pertadingan ujicoba yang cukup padat dalam pekan ini, selain dari agenda latihan bergaya training camp. Tujuannya semua sama demi menggapai sukses dalam news today di Afsel nanti.

Setelah menjalani partai ujicoba, setiap pelatih dapat mengevaluasi strategi dan panampilan tim, serta bisa mendapatkan formasi terbaik timnya.

Inggris adalah salah satu tim yang baru saja menyelesaikan pertandingan ujicoba pentingnya, yakni melawan Meksiko yang notabene adalah sesama kontestan di Piala Dunia 2010 ini. Inggris berhasil menaklukkan Meksiko dalam laga ujicoba itu. Namun meski menang, penampilan tim berjuluk Three Lions itu dinilai masih kurang meyakinkan.

Kekurang meyakinkannya penamilan Inggris ini sangat mungkin karena pelatih Fabio Capello tidak menurunkan pemain seperti John Terry, Frank Lampard, Ashley Cole dan Joe Cole, David James. Mereka terlihat duduk dibarisan bangku cadangan dengan mengenakan jas hitam Marks&Spencer yang menjadi salah satu sponsor resmi tim Inggris di Piala Dunia 2010 kali ini.

Absennya para pemain asal Chelsea dan penjaga gawang Portsmouth itu, dipandang sebagai alasan utama kurang mantapnya penampilan Inggris kemarin. Soalnya di lini belakang misalnya, tak ada komandan yang bisa menghadirkan ketenangan. Inggris juga jadi minim pergerakan dari sayap lantaran tak ada Ashley Cole. Sementara, lini depan kurang mendapat suplai umpan matang, yang biasanya disodorkan Lampard maupun Joe Cole. Capello mengistirahatkan mereka dengan alasan menjaga stamina, mereka baru saja melakukan dalam final piala FA.

Sementara, terlepas dari absennya para pemain itu, media dan publik Inggris pun menyoroti kinerja pemain yang tampil. Ledley King misalnya, menjadi salah satu sorotan utama. Dipasangnya pemain Tottenham Hostpurs itu ibarat pertaruhan bagi Capello, setelah beberapa lama ia mengalami cedera lutut kanan. "Bulletin Ledley King" adalah istilah di media Inggris menyebut berita mengenai perkembangan cedera pemain tengah tersebut. Namun untungnya, keputusan Capello menyertakan King bisa terbayar, karena selain tampil penuh 90 menit, dia juga menyumbang satu dari tiga gol Inggris ( dua lainnya dicetak Peter Crouch dan Glen Johnson ).

Lalu, bagaimana dengan perkembangan tim lainnya? Ada yang cukup gembira dengan progresnya, ada pula yang tidak. Jerman misalnya, yang baru saja kehilangan pilar utamanya, Michael Ballack, lantaran cedera pekan lalu, masih terus dirundung malang dengan cederanya pemain lain. Kali ini, ada gelandang Christian Traesch, yang menjadi pemain ketiga setelah kiper utama Rene Adler dan Ballack, yang dipastikan out dari skuad Piala Dunia 2010 Jerman bentukan pelatih Joachim Loew. Traesch bahkan harus segera meninggalkan camp latihan timnas Jerman di Eppan, Italia Utara, akibat cedera engkel kanan, saat ujicoba melawan klub lokal South Tirol.

Perkembangan tidak menggembirakan juga dirasakan oleh Portugal, yang nyatanya masih belum bisa menampilkan permainan impresifnya. Jangankan impresif, semifinalis PD 2006 itu bahkan harus dibuat malu, saat menghadapi "negeri kurcaci" Cape Verde di Stadion Covilha, Selasa (25/5) dinihari kemarin WIB. Bagaimana tidak malu? Portugal yang ranking tiga dunia harus gagal membobol gawang negara dengan ranking 117 dunia!

Hasil imbang 0-0 itu jelas sangat mengecewakan bagi Portugal. Apalagi Portugal menurunkan kekuatan terbaiknya, mulai dari Cristiano Ronaldo, Nani, Deco, hingga Ricardo Carvalho.

Buat Portugal, hasil ini nyaris bertolak belakang dengan apa yang digapai Argentina, dalam gelar ujicoba lainnya yang dilaksanakan pada waktu hampir bersamaan. Tim Tango justru tercatat meraih kemenangan kelimanya tahun ini, lewat kemenangan lima gol tanpa balas atas Kanada, di Stadion El Monumental. Ini sekaligus membuat Argentina memelihara rekor hasil 100 persen-nya dalam laga yang dilakoni sepanjang 2010. Kemenangan atas Kanada itu pun tak bisa dibilang tidak penting, lantaran Tango meraihnya minus sang bintang utama, Lionel Messi, yang diistirahatkan demi pemulihan memar di lutut kanannya yang didapat ketika latihan.

Timnas Spanyol yang merasa makin pede, dengan sudah bergabungnya kapten serang Arsenal, Cesc Fabregas, Fabegras terlihat saat memulai pemusatan latihan di Las Rozas, Madrid, kemarin pagi. Spanyol sempat dibayangi kekhawatiran kalau gelandang lincah itu tak akan bisa sembuh tepat waktu, setelah mengalami cedera retak fibula, Maret lalu.

Sementara dari Prancis, diberitakan bahwa pelatih Raymond Domenech sudah memastikan 23 nama tetap skuad yang akan dibawa pada Piala Dunia 2010 kali ini. Kendati masih punya waktu lima hari sebelum deadline penentuan skuad, Domenech telah mantap dengan pilihannya. Ia menegaskan bahwa nama ke-23 pemainnya yang sudah berkumpul di Tignes saat ini tidak bisa berubah lagi.

Dua hari lalu tim Argentina dan Denmark telah tiba di Afrika Selatan, dan akan disusul tim - tim peserta Piala Dunia 2010 yang lainnya. Jadwal Piala Dunia 2010 memang tinggal sebentar lagi. Tim dengan persiapan baik, diisi pemain berkualitas, punya motivasi tinggi, serta semangat pantang menyerah di lapangan hijau yang akan menggangkat trophy juara Piala Dunia 2010 di akhir nanti...dan satu yang paling menentukan ijin Alloh yang memberi mereka keberuntungan.