Thursday, June 3, 2010

Sebagai Tim Tuan Rumah Afrika Selatan menurunkan susunan pemain terbaiknya dan berharap bisa bersaing di Klasemen Piala Dunia 2010 group panas yang dihuninya. Skuad Timnas Afsel di Piala Dunia 2010, Pelatih Afrika Selatan Carlos Alberto Parreira membuang penyerang West Ham Beni McCarthy dari 23 skuad untuk Piala Dunia.

Pemain usia 32 tahun pencetak gol terbanyak di negerinya ini harus melakukan fitnes keras karena kelebihan berat badan. McCarthy salah satu dari lima pemain yang dicoret dari skuad Parreira.

Sementara duo gelandang peserta Liga Premier Everton Steven Pienaar dan gelandang Fulham Kagiso Dikgacoi masuk skuad. Demikian juga bek Portsmouth Aaron Makoena -pemain pertama Afrika Selatan membela tim nasional ke-100- juga termasuk pemain yang akan memperkuat tim tuan rumah di Grup A melawan Meksiko, 11 Juni.

Kejutan lainnya dari susunan skuad adalah tidak disertakannya penjaga gawang Rowen Fernandez yang bermain untuk Liga Jerman Arminia Bielefeld dan bek Bryce Moon, bermain untuk kesebelasan di Yunani, PAOK.

Posisi Moon sebagai libero di belakang Siboniso Gaxa ditempati Anele Ngcongca yang bisa beroperasi sebagai gelandang.


Sedangkan posisi Fernandez akan ditempati oleh kiper Maritzburg United Shuaib Walters. Bek kiri Innocent Mdledle dan gelandang kiri Franklin Cale,termasuk dua pemain yang dibuang.

"Saya tidak berbicara tentang individu yang tak masuk dalam skuad. Kami menerapkan lima prinsip ketika menetapkan pilihan," kata Parreira dalam jumpa pers.

"Ini bukanlah jalan akhir bagi lima pemain bola yang saya coret. Masih banyak peluang bermain bersama tim nasional."

McCarthy memiliki rekor mencetak 31 gol selama 79 bermain untuk tim nasional Afrika Selatan dan mewakili Bafana Bafana pada kejuaraan Piala Dunia 1998 dan 2002.

Hubungannya dengan tim nasional tidak mulus semenjak dia mundur dari laga internasional ketika dia konflik dengan klubnya di Eropa. Hal tersebut merusak reputasinya di tanah air.

Skuad Afrika Selatan:

Kiper:
Moeneeb Josephs (Orlando Pirates), Itumeleng Khune (Kaizer Chiefs), Shu-Aib Walters (Maritzburg United)

Bek:
Matthew Booth, Siboniso Gaxa (both Mamelodi Sundowns), Bongani Khumalo (SuperSport United), Tsepo Masilela (Maccabi Haifa), Aaron Mokoena (Portsmouth), Anele Ngcongoa (Racing Genk), Siyabonga Sangweni (Lamontville Golden Arrows), Lucas Thwala (Orlando Pirates).

Gelandang:
Lance Davids (Ajax Cape Town), Kagisho Dikgacoi (Fulham), Thanduyise Khuboni (Lamontville Golden Arrows), Reneilwe Letsholonyane (Kaizer Chiefs), Teko Modise (Orlando Pirates), Surprise Moriri (Mamelodi Sundowns), Steven Pienaar (Everton), MacBeth Sibaya (Rubin Kazan), Siphiwe Tshabalala (Kaizer Chiefs).

Penyerang:
Katlego Mphela (Mamelodi Sundowns), Siyabonga Nomvete (Moroka Swallows), Bernard Parker (FC Twente).